Kapal Pengangkut Nikel masih Kandas di Perairan Sumenep

Rahmatullah    •    Selasa, 12 Sep 2017 15:34 WIB
kapal tenggelam
Kapal Pengangkut Nikel masih Kandas di Perairan Sumenep
KM Kamaru kandas di Pulau Raas Sumenep, dok: istimewa

Metrotvnews.com, Sumenep: KM Kamaru masih kandas di perairan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Meski air pasang, nahkoda tak bisa memindahkan kapal.

Baca: Kapal Barang Kandas di Pulau Raas

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Suwardi mengatakan kapal mengangkut 717.400 ton nikel. Kapal sedianya berlayar dari Pelabuhan Pomala Kolaka Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Tanjung Perak, Surabaya.

Namun lambung kapal tersangkut karang di perairan Pulau Raas. Sehingga kapal tak dapat melanjutkan pelayaran.

Kemarin malam, Senin 11 September 2017, air pasang. Kapal bersiap dilayarkan. Nahkoda menyalakan mesin. Tapi kapal tetap tak bisa bergerak.

"Polisi sudah datang ke lokasi memberikan bantuan mie instan dan air ke nakhoda dan anak buah kapal,” jelas Suwardi, Selasa 12 September 2017.
 
Saat ini, kata dia, nakhoda masih berkoordinasi dengan pemilik kapal terkait upaya pemindahan barang. Yang jelas, Suwardi menegaskan semua yang ada di kapal dalam keadaan baik.
 
Suwardi berharap air laut kembali pasang dengan lebih tinggi dari sebelumnya, sehingga nakhoda bisa melayarkan kapal.
 
Selebihnya, dia memastikan kandasnya kapal tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas nelayan setempat, karena posisinya di tengah laut yang jarang dilalui nelayan.
 
KM Kamaru kandas di perairan Kalosot, Desa Brakas, Kecamatan/ Pulau Raas, pada Senin 11 September kemarin sekira pukul 06.00 WIb. Nakhoda berusaha menepikan kapal ketika cuaca ekstrem. Waktu itu, tiba-tiba badan kapal tersangkut karang dan tidak bisa bergerak ke mana-mana. Selain seorang nakhoda, ada 11 ABK yang ikut kapal tersebut. Semua dipastikan selamat.



(RRN)