HMI Jatim Akan Kerahkan Massa ke Jakarta

Amaluddin, Muhammad Khoirur Rosyid    •    Selasa, 08 Nov 2016 17:59 WIB
unjuk rasa
HMI Jatim Akan Kerahkan Massa ke Jakarta
Aksi pembakaran di demo 4 November di Jakarta, Ant - Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Surabaya: Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) wilayah Jawa Timur memprotes penangkapan lima kader di Jakarta. Polda Metro Jaya menangkap kelima orang itu dianggap sebagai provokator terkait kerusuhan yang terjadi dalam aksi 4 November.

Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Jatim, Darmawan Puteratama, menyesalkan penangkapan tersebut. Ia menilai polisi melanggar aturan saat menangkap lima orang itu.

"Meskinya ada pemanggilan, pemeriksaan. Tapi kok ini langsung ditangkap, tengah malam pula," kata Darmawan di Surabaya, Selasa (8/11/2016).

HMI Jatim, kata Sudarmawan, memprotes tindakan kepolisian. Lantaran itu, HMI Jatim dan wilayah lain tengah berkoordinasi menanggapi tindakan itu. 

HMI menuntut polisi membebaskan kelima orang itu. Penangkapan mereka itu melanggar hak asasi manusia. Selain itu, penyematan label 'provokator' pada mereka pun tak mendasar.

Bila tak ada penyelesaian, Sudarmawan mengatakan ribuan kader akan menggelar aksi di Jakarta. Bahkan, kader asal Jatim pun turut dalam aksi tersebut.

“Kami siap berjuang untuk menegakkan kebenaran," katanya.

Pada Selasa dini hari, Polda Metro Jaya menetapkan kelima orang itu sebagai tersangka dan provokator atas aksi 4 November. Lima orang tersebut yaitu Sekjen PB HMI Ami Jaya, Ismail Ibrahim, Rizal Berhed, Romadhon Roubun, dan Rahman Many.  


(RRN)