Hujan Belum Mampu Menghapus Kekeringan di Jombang

Nurul Hidayat    •    Jumat, 06 Oct 2017 09:54 WIB
kemarau dan kekeringan
Hujan Belum Mampu Menghapus Kekeringan di Jombang
Warga terdampak kekeringan di Jombang antre mendapatkan air bersih -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Sudah tiga kali hujan mengguyur Kabupaten Jombang dalam sepekan terakhir. Namun, turunnya hujan nyatanya belum mampu menghapus kekeringan di lima kecamatan di Jombang.

"Lima kecamatan di Jombang masih mengalami kekeringan dan kita tetap memasok air bersih ke daerah tersebut," kata Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang Gunadi di kantornya, Jalan K.H. Wahid Hasyim, Jombang, Jawa Timur, Jumat 6 Oktober 2017.

Gunadi menjelaskan, kekeringan masih terjadi karena resapan air hujan belum sampai pada titik mata air. Saat ini, kedalaman resapan air hujan baru sampai 30-60 centimeter.

Masyarakat yang terdampak kekeringan diharapkan terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Jombang guna pengiriman air bersih.

Sebelumnya, lima kecamatan di Jombang masuk zona merah kekeringan. Kecamatan yang dimaksud, yaitu Plandaan, Ngusikan, Bareng, Kabuh, dan Wonosalam.

Kekeringan paling parah terjadi di Kecamatan Plandaan dan Ngusikan. Warga di dua kecamatan itu harus berjalan hingga dua kilometer demi mendapatkan air bersih.


(NIN)