40 Ribu Warga Sidoarjo Belum Rekam KTP-el

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 18 Oct 2017 11:56 WIB
pilkada 2018
40 Ribu Warga Sidoarjo Belum Rekam KTP-el
Seorang warga melakukan rekam data sidik jari saat mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) -- ANT/Prasetia Fauzani

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Sebanyak 40 ribu warga Sidoarjo belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Data tersebut didapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo sebagai bagian tahapan pemilihan gubernur Jawa Timur 2018.

Ketua KPU Sidoarjo Zaenal Abidin mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai tahapan pilgub Jatim 2018. Salah satunya adalah melakukan sosialisasi kepada camat se-Sidoarjo.

"Sosialisasi itu berkaitan dengan kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan demokrasi di tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan," kata Zaenal di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 18 Oktober 2017.

Zaenal menjelaskan, nantinya pihak kecamatan akan menyiapkan kantor kesekretariatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pihak kecamatan juga akan mengusulkan nama-nama yang akan membantu KPU, baik sekretaris maupun staf.

"Saat ini, perekrutan PPS jadwalnya sama dengan perekrutan PPK. Kalau dulu, PPK dibentuk dulu, baru pembentukan PPS. Sehingga, dalam pembentukan PPS kami minta bantuan PPK. Sekarang, sama-sama belum terbentuk, sehingga yang menangani adalah KPU," terangnya.

Pendaftaran PPK maupun PPS sejatinya sudah berjalan sejak 12 Oktober dan berakhir pada 21 Oktober. Peserta akan menjalani tes tertulis dan wawancara.

Menurut Zaenal, jumlah pemilih di Sidoarjo masih dinamis. Meski begitu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dispendukcapil Sidoarjo.

"Kota dorong, mulai dari lurah, camat, hingga desa-desa untuk mensosialisasikan ke warganya agar segera melakukan rekam KTP-el. Karena, pemilih adalah yang mempunyai KTP-el. Bisa juga meminta surat keterangan dari Dispendukcapil," tandasnya.


(NIN)