Sumenep Siapkan Rp8 Miliar untuk Mengakhiri Banjir

Rahmatullah    •    Jumat, 08 Dec 2017 19:19 WIB
banjircuaca ekstrem
Sumenep Siapkan Rp8 Miliar untuk Mengakhiri Banjir
Plt Sekretaris Daerah Sumenep, R Idris - Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyiapkan dana sebesar Rp8 Miliar di APBD 2018 untuk mengakhiri banjir. Anggaran tersebut disiapkan karena tiap musim hujan jalan raya kerap digenangi banjir. Tiap turun hujan lebat, biasanya sekeliling kantor pemkab setempat dikepung air bah tersebut.

"Kita sudah menyiapkan program penanggulangan banjir untuk 2018," kata Plt Sekretaris Daerah Sumenep, R Idris, Jumat 8 Desember 2017.

Menurut Idris, anggaran tersebut disebar di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) dan Cipta Karya sebesar Rp7 miliar, dan di Dinas PU Sumber Daya Air Rp1 miliar. Anggaran itu dianggap bentuk keseriusan pemerintah dalam mengkhiri bencana banjir.

“Kami akan membangun fasilitas drainase," ungkapnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep itu berharap pengusaha dan masyarakat bersinergi dengan pemerintah. Karena sejatinya penanggulangan banjir merupakan tanggung jawab bersama. Dengan sinergisitas tersebut, diharapkan jalan raya tidak lagi tergenang banjir untuk masa mendatang.

Pengusaha selaku pihak ketiga atau pelaksana program, lanjutnya, diharapkan bekerja sesuai standar operasional. Hal itu demi menghindari adanya genangan banjir. Dengan adanya kesadaran tersebut, niscaya program yang dicanangkan bisa berjalan maksimal. 

Selebihnya, Idris mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Dia berharap tempat sampah difungsikan maksimal. Sebab ketika sampah berceceran di jalanan, hal itu akan menyumbat saluran. Saat saluran tersumbat itulah akan terjadi luapan banjir ketika turun hujan.

"Masyarakat juga perlu mendukung penanggulangan banjir," tandas Idris.


(ALB)