Warga Situbondo Keluhkan Pungutan saat Bikin e-KTP

Amaluddin    •    Rabu, 07 Sep 2016 18:35 WIB
pelayanan e-ktp
Warga Situbondo Keluhkan Pungutan saat Bikin e-KTP
Petugas Dispendukcapil Jombang melayani perekaman e-KTP, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Surabaya: Proses pengurusan KTP elektronik atau e-KTP gratis. Warga tak perlu membayar apapun pada pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di wilayah masing-masing saat merekam hingga mengambil e-KTP.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur, Sukardo. Penegasan itu menjawab keluhan yang diterima Sukardo soal dugaan pungutan liar pengurusan e-KTP di Situbondo.

"Ada beberapa warga melapor ke saya dipungut biaya oleh petugas saat ingin melakukan perekaman e-KTP di Situbondo," kata Sukardo melalui sambungan telepon kepada Metrotvnews.com, Rabu (7/9/2016).

Namun Sukardo enggan menyebutkan nominal yang dipungut petugas. Ia hanya meminta warga untuk tidak membayar apapun untuk mengurusi e-KTP.

Sukardo mengaku tak bisa berbuat banyak soal laporan tersebut. Sebab, kecurangan itu merupakan wewenang kepala daerah untuk memberikan sanksi pada pegawainya.

Jumlah warga wajib e-KTP di Kabupaten Situbondo sebanyak 574.205 jiwa. Hingga saat ini, ada sekitar 40.000 jiwa warga Situbondo belum melakukan perekaman e-KTP. Hal itu disebabkan karena kehabisan blangko.


(RRN)