Warga Pemilik Uang Miliaran Rupiah bakal Dipulangkan dari Tanah Suci

Catur Irawan    •    Rabu, 05 Oct 2016 14:07 WIB
haji 2016
Warga Pemilik Uang Miliaran Rupiah bakal Dipulangkan dari Tanah Suci
Jemaah haji di asrama Debarkasi Sukolilo setelah pulang dari Tanah Suci, MI - Moh Ghazi

Metrotvnews.com, Surabaya: Tiga warga Gresik, Jawa Timur, akan dipulangkan ke Tanah Air. Ketiganya tertahan di Arab Saudi lantaran membawa uang miliaran rupiah saat hendak pulang dari ibadah haji.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Jatim Muhammad Sakut mengatakan tiga warga itu akan segera pulang. Aparat di Arab Saudi membebaskan dan akan segera memulangkan mereka ke Tanah Air.

"Mereka bergabung dalam kloter 39 Debarkasi Surabaya. Atas nama pasangan suami istri Ansharul Andhim Abdullah dan Sri Wahyuni Rahayu, serta Rochmat Kanapi Podo," kata Sakur di Surabaya, Jatim, Rabu (5/10/2016).

Ketiga orang itu membawa uang miliaran rupiah dalam bentuk pecahan Dolar AS dan Euro. Ketiganya mengaku uang itu merupakan sumbangan untuk sebuah pondok pesantren di Gresik.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya mengamankan lima tas koper milik ketiga orang tersebut. Setibanya di asrama haji Sukolilo Surabaya, tiga orang tersebut akan menjalani pemeriksaan terkait uang itu.


(RRN)