Semua Kecamatan di Malang Rawan Bencana

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 07 Jan 2019 13:38 WIB
bencana alam
Semua Kecamatan di Malang Rawan Bencana
Titik-titik gempa di Jawa Timur selama 2018. (Grafis BMKG Karangkates).

Malang: Seluruh kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur dinilai rawan bencana. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiono meminta masyarakat selalu waspada.

"Semua di kabupaten rawan bencana, 33 kecamatan. Minimal gempa bumi," kata Bagyo saat dikonfirmasi, Senin, 7 Januari 2019.

Bagyo menambahkan seluruh potensi bencana bisa saja terjadi di Malang. Seperti, gempa bumi, banjir, tsunami, longsor dan lain-lain.

Untuk potensi banjir, ada di Kecamatan Lenggoksono, Pujiharjo, Purwodadi, Sitiarjo, Lebakharjo, Mendit, dan Singosari.

Sedangkan untuk bencana longsor, seluruh wilayah juga memiliki potensi masing-masing. Terutama kecamatan yang terdapat rumah-rumah di daerah bantaran sungai.

"Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon potensi longsor. Selain itu juga bencana dari Gunung Kelud, Banjir dan Gempa Bumi," ungkap Bagyo.

Untuk menanggulangi itu, Bagyo mengaku BPBD telah menjalankan mitigasi bencana, baik secara struktural maupun fungsional. Mulai dari pencegahaan, kesiapsiagaan hingga pembuatan rencon.

"Salah satu mitigasi yang dilakukan itu sosialisasi, pengamatan, penyediaan alat-alat segala macam itu kesiapsiaagaan. Juga pemasangan rambu segala macam," pungkas Bagyo.


(DEN)