Kereta yang Melintas Sudah Sesuai Prosedur

Amaluddin    •    Sabtu, 10 Nov 2018 02:31 WIB
Tragedi ViadukSurabaya Membara
Kereta yang Melintas Sudah Sesuai Prosedur
Sejumlah penonton drama kolosal 'Surabaya Membara' terserempet kereta di viaduk, Jalan Pahlawan, Surabaya. Foto: Istimewa

Surabaya: PT KAI memastikan kereta api yang melintas saat berlangsungnya 'Surabaya Membara' sudah sesuai prosedur. Kereta sudah menyalakan klakson sebagai tanda peringatan akan melintas.

"Entah apakah tidak mendengar atau memang mengabaikan, sehingga harus memakan korban jiwa," kata Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko saat dikonfirmasi Medcom.id, Jumat, 9 November 2018.

Gatut menjelaskan, laju kereta saat melintas hanya 15 kilometer per jam. Kecepatan itu jauh di bawah normal yakni 30 kilometer per jam. 

"Bel lokomotif juga telah dinyalakan, sebagai tanda ada KA yang akan melintas. Jadi KA sudah berjalan sesuai SOP," jelas dia.

Baca: Korban Tewas Tragedi Viaduk saat `Surabaya Membara` Jadi Tiga

Gatut menyayangkan puluhan warga nekat duduk di atas jalur penyeberangan kereta (viaduk). Sebab, kata dia, jalur tersebut masih aktif dan setiap saat dilintasi kereta rute ke berbagai daerah di Jatim.

Gatut berharap ke depannya warga tidak lagi menjadikan viaduk sebagai fasilitas umum. Hal tersebut sangat membahayakan warga karena kereta api tak bisa mengerem secara mendadak.

"Kami imbau agar warga tidak lagi menjadikan viaduk tempat bermain, apalagi dijadikan tempat untuk duduk. Karena itu sangat berbahaya," ujar dia.


(AZF)