Ahmad Dhani Disidang di PN Surabaya Pekan Depan

Amaluddin    •    Rabu, 30 Jan 2019 16:00 WIB
ujaran kebencian
Ahmad Dhani Disidang di PN Surabaya Pekan Depan
Musisi Ahmad Dhani memakai jas, berdasi, dan mengenakan blangkon di sidang lanjutan kasus ujaran kebencian. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Surabaya: Ahmad Dhani Prasetyo menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis, 7 Februari 2019. Panitera dan tiga hakim yang menangani perkara ujaran kebencian musisi kenamaan Indonesia tersebut.

"Tiga hakim yang sudah ditunjuk oleh Ketua PN Surabaya, yakni hakim Anton, Rohmad dan Syafrudin," kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Sigit Sutriono, Rabu, 30 Januari 2019.

Pentolan Dewa 19 itu tengah ditahan di Lapas Cipinang, Jakarta Selatan. Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya Didik Adytomo menyebut, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk memindahkan penahanan Dhani ke Surabaya.

"Pemindahan ini untuk memudahkan jalannya persidangan di Surabaya. Ini sedang kita bahas sekarang," katanya.

Baca: Ahmad Dhani Divonis Setahun Enam Bulan Penjara

Polda Jatim menetapkan Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka kasus ujaran kebencian atau hate speech pada Kamis, 18 Desember 2018. Dhani dituduh mengucapkan ujaran kebencian dengan menyebut kelompok penolak deklarasi #2019 Ganti Presiden di Surabaya dengan kata-kata "Idiot".

Kata-kata idiot, diduga diucapkan Ahmad Dhani saat nge-vlog di lobi Hotel Majapahit Surabaya, Minggu, 26 Agustus 2018 lalu.

Dhani juga telah divonis dalam perkara lain. Dia dilaporkan salah satu pendukung eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama karena kicauan bernada ujaran kebencian. Saat itu, Ahok sedang menjalani proses hukum terkait pasal penistaan agama.

Baca: Ahmad Dhani: Ini Jalan Masa Depan yang Cerah

 


(SUR)