Tiga Rute Pelayaran di Sumenep Ditutup

Rahmatullah    •    Kamis, 17 Jan 2019 10:48 WIB
pelayaran
Tiga Rute Pelayaran di Sumenep Ditutup
Kapal bersandar di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Medcom.id - Rahmatullah

Sumenep: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget Sumenep, Jawa Timur, kembali menutup pelayaran karena cuaca perairan buruk. Sebanyak tiga rute yang ditutup akibat cuaca buruk tersebut, yaitu Kalianget-Kangean, Kalianget-Sapeken, dan Kalianget-Masalembu karena jauh. 

“Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tinggi gelombang saat ini tidak aman untuk pelayaran,” kata Kepala Kepala KSOP Kelas V Kalianget, Supriyanto, Rabu, 16 Januari 2019.

Dia menuturkan tinggi gelombang antara 1,25 hingga 3 meter. Dia juga mengaku sudah mengeluarkan surat edaran penundaan pelayaran kepada seluruh operator jasa angkutan laut. Penundaan itu terhitung sejak tanggal 15 hingga 19 Januari. Pelayaran bakal kembali dibuka bila cuaca sudah normal.

“Pelayaran jarak dekat masih kami berikan toleransi. Tapi tetap kita monitor melalui VHF channel 16,” jelas Supriyanto.

Sejumlah calon penumpang kapal harus rela menunggu pemberangkatan kapal di terminal penumpang kapal laut PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Kalianget. Sebagian mengeluh karena sudah dua hari tertahan di pelabuhan tersebut. Mereka ingin segera tiba di kampung halaman.

“Saya sudah dua hari di sini,” tutur Muslih, calon penumpang kapal tujuan Kangean.

Dia mengatakan seharusnya kapal yang akan ditumpangi berangkat kemarin, Selasa, 15 Januari 2019. Tapi karena cuaca buruk di perairan, pemberangkatan kapal terpaksa ditunda.


(RRN)