Pabrik Jamu Ilegal Berbahan Kimia Digerebek

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 23 Mar 2018 07:50 WIB
jamu ilegal
Pabrik Jamu Ilegal Berbahan Kimia Digerebek
Pabrik jamu ilegal digerebek. (Medcom/Syaikhul Hadi)

Sidoarjo: Balai Besar POM Surabaya bersama Satreskrim Polresta Sidoarjo menggerebek gudang produksi jamu ilegal di kawasan Desa Singopadu, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Diduga, jamu yang dibuat mengandung bahan kimia.

Petugas BBPOM bersama petugas Kepolisian tiba di lokasi pada Kamis sore, 22 Maret 2018, sekitar pukul 17.00 WIB. Petugas langsung memeriksa pembuatan jamu ilegal yang diduga sudah lama diproduksi.

Kasie Penyidikan Balai Besar POM Surabaya, Siti Amanah, mengatakan pengerebekan dilakukan berawal informasi dari masyarakat. Pasalnya sehabis mengonsumsi jamu, sebagian besar korban mengalami pembengkakan di wajah hingga perut.

"Hasil pengamatan kami, pembuatan jamu ini berbahan campuran (oplosan). Meski begitu, pihaknya masih belum bisa memastikan bahan dasar yang digunakan pemilik dalam memproduksi jamu ilegal tersebut. Informasi dari pegawai, jamu ini dibedakan menjadi jamu manis dan jamu pahit," bebernya. 

Tak hanya itu, pembengkakan pada wajah dan perut disinyalir adanya ketidaksesuaian takaran bahan kimia. Sehingga berpengaruh pada kesehatan konsumen. 

"Kita enggak tahu ditambah berapa dosisnya. Dan juga tidak disertai resep dokter bagi yang meminumnya. Sehingga berdampak pada kesehatan," tegasnya. 

Pihaknya masih mendalami dengan mengambil beberapa sampel untuk diuji laboratorium terkait kandungan di dalam jamu.


(LDS)