Ujian di MAN Jombang Dijadwalkan Ulang

Nurul Hidayat    •    Kamis, 07 Dec 2017 18:49 WIB
pendidikan
Ujian di MAN Jombang Dijadwalkan Ulang
Salah satu pertanyaan dalam lembar soal ujian di MAN Jombang yang mengakibatkan UAS dijadwalkan ulang, Medcom.id --- Nurul Hidayat

Jombang: Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran Fikih untuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jombang, Jawa Timur, dijadwalkan ulang. Keputusan itu disampaikan setelah Kementerian Agama Jombang menarik seluruh soal dan lembar jawaban ujian Fikih.

Baca: Soal UAS di Jombang Terkait dengan Sejarah Islam

Kementerian Agama menganggap ujian Fikih yang berlangsung dua hari lalu tidak sah. Keputusan itu diambil Kemenag setelah berkoordinasi dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Jombang.

“Berdasarkan hasil koordinasi, K3M dan MGMP akan menjadwalkan ujian ulang pada tangga 9 Desember mendatang," kata Kepala Kemenag Jombang Abdul Haris di ruang kerjanya di Jalan Pattimura, Kamis, 7 Desember 2017.

Alasan penarikan lembar soal lantaran Kemenag khawatir materi soal memicu kesalahpahaman. Lembar soal itu mencantumkan 10 pertanyaan seputar khalifah dan jihad.

Menurut Haris, 10 pertanyaan itu sesuai dengan sejarah Islam. Yaitu, masa kepemimpinan Khulafaur Rasyidin hingga Turki Usmani.

Haris menjamin materi serupa tak akan muncul dalam lembar soal yang diujikan pada 9 Desember 2017. 


(RRN)