Polres Jombang Siaga Bencana

Nurul Hidayat    •    Kamis, 08 Feb 2018 11:32 WIB
antisipasi banjir
Polres Jombang Siaga Bencana
Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto. (Medcom.id/Nurul Hidayat)

Jombang: Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jombang AKBP Agung Marlianto memerintahkan seluruh kepala kepolisian sektor (kapolsek) jajaran di wilayah hukum Polres Jombang, Jawa Timur, untuk siaga bencana saat tingginya curah hujan di Kota Santri. 

"Para kapolsek jajaran sudah kami perintahkan untuk terus meng-update situasi terkini serta memetakan daerah rawan bencana yang ada di wilayah masing-masing melalui Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas)," ujarnya saat ditemui Medcom.id, di Mapolres Jombang, Kamis, 8 Februari 2018.

Agung menambahkan siaga bencana yang dilakukan meliputi bencana banjir, tanah longsor, serta angin puting beliung. Dia menyebut daerah yang patut diwaspadai yakni Kecamatan Mojoagung, Mojowarno, dan Sumobito. 

"Ketiga kecamatan tersebut merupakan langganan banjir setiap musim hujan," tuturnya.

Adapun daerah rawan longsor di Jombang meliputi wilayah pegunungan di Kecamatan Wonosalam, Bareng, dan Kabuh.

"Untuk puting beliung , semua daerah berpotensi, seperti yang baru-baru ini terjadi di wilayah Kecamatan Mojowarno," imbuhnya.

Selain bersiaga, Agung mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk bersinergi dengan anggota TNI  dan perangkat desa di wilayah masing-masing. Dengan begitu penanganan bencana bisa optimal.

"Peran serta tiga pilar juga harus dioptimalkan, agar jika terjadi bencana dapat segera dilakukan penanganan, dan dapat diantisipasi sejak dini," pungkasnya.



(LDS)