90 Persen PDIP bakal Usung Gus Ipul

Amaluddin    •    Selasa, 26 Sep 2017 19:03 WIB
pilgub jatim 2018
90 Persen PDIP bakal Usung Gus Ipul
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Geliat partai politik (parpol) jelang Pilgub Jawa Timur terus bergulir. Terbaru, PDI Perjuangan dan PKB bakal berkoalisi untuk mengusung kandidat calon gubernur (cagub) di Pilgub Jatim 2018 mendatang.

"90 persen PDIP bersama PKB bakal mengusung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai cagub," kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari, di kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Raya Kendangsari, Surabaya, Selasa, 26 September 2017.

Menurut Untari, keputusan mendukung Gus Ipul merupakan hasil komunikasi di tingkat DPP. Hingga akhirnya PDIP sepakat dengan PKB untuk bersama-sama mengusung Gus Ipul sebagai cagub. "Cawagubnya dari PDIP."


Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari. (Amal/MTVN).

Saat ini, lanjut Untari, ada empat nama kandidat cawagub yang tengah digodok DPP PDIP. Yaitu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono (kanang), anggota DPRD Jatim Suhandoyo, dan Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. 

"Empat orang itu masih digodok, nanti rekomnya akan turun sepakat cagub dan cawagub," kata wanita yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu.

PDIP merupakan partai pemenang kedua di Jatim, dengan prolehan kursi di parlemen sebanyak 19 kursi. Modal tersebut belum memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri di Pilgub Jatim. 

Karena itu, PDIP bakal berkoalisi dengan PKB sebagai partai pemenang di Jatim dengan 20 kursi. Kedua partai ini telah bersepakat untuk bersama mengusung Gus Ipul sebagai cagub, nantinya akan berpasangan dengan cawagub dari PDIP. 

"PDIP memang belum memastikan mengusung Gus Ipul. Tapi 90 persen PDIP dan PKB bakal mengusung Gus Ipul sebagai cagub," kata perempuan asal Malang itu.



(ALB)