Bandara Juanda Siapkan Alat Pengusir Burung

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 11 Jul 2017 16:39 WIB
penerbangan
Bandara Juanda Siapkan Alat Pengusir Burung
Mobil Birdstrike milik Bandara Juanda, Surabaya, yang mampu mengeluarkan suara predator burung -- MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Banyaknya burung yang beterbangan di sekitar Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, menganggu kenyamanan sejumlah penerbangan. PT Angkasa Pura Juanda I Surabaya menyiapkan berbagai peralatan untuk mengusir burung.

"Jauh-jauh hari kami sudah melakukan penelitian terhadap burung, kami datangkan peneliti asal IPB (Intitut Pertanian Bogor)," kata General Manager Angkasa Pura I Juanda Surabaya Yuwono, Selasa 11 Juli 2017.

Berdasarkan penelitian tersebut, lanjut Yuwono, ada 42 jenis burung yang beterbangan di area Bandara Juanda. Keberadaan burung ini lantaran kawasan Juanda banyak dikelilingi tambak.

"Kami mencoba meminimalisir banyaknya burung ini. Sebenarnya, tak banyak mengganggu, hanya saja kita mewaspadai hal-hal yang dimungkinkan terjadi," terangnya.

Menurut Yuwono, Bandara Juanda sudah menyiapkan dua peralatan untuk mengusir burung. Salah satunya adalah alat berfrekuensi tinggi. Alat ini jika dibunyikan akan mengganggu pendengaran burung.

Alat kedua, kata Yuwono, adalah mobil Birdstrike. Kendaraan khusus ini dilengkapi alat yang mampu mengeluarkan suara predator burung. Jika alat dibunyikan, maka burung akan merasa tak nyaman dan menyingkir.

"Kami juga berencana menambah peralatan seperti laser. Dengan silaunya lampu laser, bisa dimungkinkan burung akan pergi," tandasnya.


(NIN)