54,40% Masyarakat Belum Tahu Ada Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Rabu, 12 Jul 2017 20:10 WIB
pilgub jatim 2018
54,40% Masyarakat Belum Tahu Ada Pilgub Jatim
Tim SSC merilis hasil survei Pilgub Jatim 2018. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) menyebut 54,40 persen masyarakat Jawa Timur belum mengetahui adanya Pilgub Jatim 2018. Meski begitu, keinginan untuk meramaikan gelaran lima tahunan itu tinggi.

"Masyarakat yang belum mengetahui adanya pilkada Jatim 2018 masih banyak, tetapi antusiasme mereka untuk menggunakan hak pilih pada 2018 tergolong tinggi, yakni mencapai angka 75 persen," kata Peneliti SSC, Surokim, saat jumpa pers di salah satu hotel di Jalan Jemursari, Surabaya, Selasa, 12 Juli 2017.

Surokim bilang, warga yang memiliki hak pilih menyatakan pasti akan menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jatim 2018. "Tentu ini menggembirakan mengingat partisipasi publik dalam pemilu di Indonesia menunjukkan kecenderungan menurun karena berbagai sebab," katanya. 

Sementara rendahnya pengetahuan masyarakat Jatim terhadap adanya Pilgub, lanjut dia, menandakan sosialisasi yang dilakukan KPU belum cukup baik. Temuan ini menjadi sinyal sekaligus peringatan bagi penyelenggara pemilukada, agar segera proaktif mensosialisasikan pemilukada kepada masyarakat agar partisipasi publik bisa maksimal. 

"KPU dan pemerintah daerah harus segera proaktif untuk merespons masalah ini," paparnya.

Menurut dia, hal ini penting mengingat partisipasi publik dalam pemilu kepala daerah akan meningkatkan legitimasi pemilukada. Apalagi publik juga belum memiliki preferensi dan ketetapan hati serta akan menunggu perkembangan hingga hari H. 

"Ini menjadikan pemilukada Jatim akan sangat cair dan fluid. Publik juga perlu diedukasi agar kualitas pemilu semakin baik dari waktu ke waktu," kata Surokim. 

Survei diselenggarakan pada 10-30 Juni 2017 meliputi 38 kabupaten/Kota di Jatim dengan metode multistage random sampling, mengambil 800 responden dengan margin of error 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.



(ALB)