Jelang Akhir Tahun, Permintaan Paspor di Sidoarjo Meningkat

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 11 Dec 2018 19:40 WIB
paspor
Jelang Akhir Tahun, Permintaan Paspor di Sidoarjo Meningkat
Ilustrasi paspor, dok: istimewa

Sidoarjo: Tren keberangkatan warga negara Indonesia keluar negeri diprediksi meningkat pada akhir Desember 2018. Kondisi itu berkaitan dengan banyak permintaan paspor jelang libur panjang perayaan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hal itu muncul di data yang dirilis Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus TPI Surabaya, Jawa Timur. Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Klas I Khusus TPI Surabaya, Nanang Mustofa, menyebutkan animo masyarakat keluar negeri cukup tinggi.

"Karena memang libur panjang akhir tahun bersamaan dengan masa libur anak-anak sekolah," kata Nanang di ruang kerjanya, Rabu, 11 Desember 2018. 

Permintaan pengurusan paspor tampak pada November 2018. Permintaan paspor mencapai 9.025 buku. Jumlah itu lebih banyak ketimbang Desember 2017 yaitu 7.730 buku.

Bukan hanya berwisata, pemohon paspor juga menuju keluar negeri untuk menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci. Nanang memprediksi jumlah pemohon meningkat hingga sepekan ke depan.

"Tapi pemohon tak perlu khawatir. Karena pembuatan paspor bisa dilakukan melalui daring. Jadi tak perlu datang dan mengantre di kantor Imigrasi," ujar Nanang.


(RRN)