Kebut Perekaman e-KTP, Uji Coba KIA di Mojokerto Dihentikan Sementara

Nurul Hidayat    •    Rabu, 14 Sep 2016 17:07 WIB
pelayanan e-ktp
Kebut Perekaman e-KTP, Uji Coba KIA di Mojokerto Dihentikan Sementara
Wali Kota menyerahkan KIA pada anak-anak di Mojokerto, dok: istimewa

Metrotvnews.com, Mojokerto: Proses perekaman kartu identitas anak (KIA) di Mojokerto, Jawa Timur, dihentikan sementara. Sebab Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Mojokerto fokus menuntaskan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkot Mojokerto, Heryana Dodik Murtono, mengatakan penghentian perekaman e-KTP dilakukan hingga akhir September. Petugas pun mengebut proses perekaman e-KTP.

"Alat untuk perekaman KIA pun dialihfungsikan untuk e-KTP," kata Dodik ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/9/2016).

Dodik mengaku tak menemukan kendala untuk perekaman KIA. Sejak pertengahan Agustus 2016, Pemkot Mojokerto melakukan perekaman KIA. 

"Hingga saat ini sudah hampir 2.000 an anak di Kota Mojokerto yang sudah terekam dan tercetak kartu identitasnya," lanjut Dodik.

Mojokerto menjadi merupakan satu dari lima kabupaten dan kota di Jatim yang melaksanakan uji coba KIA. Pemkot menargetkan 35.257 anak di Mojokerto mendapat kartu identitas layaknya KTP.

Baca: Tahun Ini, Anak-anak di Mojokerto bakal Punya KIA 

Orangtua cukup mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Orangtua mengisi formulir dengan menyertakan beberapa dokumen.

Sementara itu, Dispendukcapil mengebut perekaman e-KTP sebelum tenggat waktu berakhir pada 30 September. Per Agustus 2016, kurang dari 9.000 warga yang belum memiliki e-KTP. 


(RRN)