Jelang Pengumuman, Peluang Ahok dan Risma Dinilai Seimbang

Amaluddin    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:32 WIB
pilgub dki 2017
Jelang Pengumuman, Peluang Ahok dan Risma Dinilai Seimbang
Megawati Soekarnoputri dan pengurus PDI Perjuangan setelah peresmian Kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Jakarta, 1 Juni 2015, MI - M Irfan

Metrotvnews.com, Surabaya: Dua nama disebut-sebut bakal diusung PDI Perjuangan dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Teka-teki itu masih harus menunggu pengumuman PDI Perjuangan yang disampaikan pada Selasa malam 20 September.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Armuji‎, menyebutkan dua nama tersebut yaitu calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Tri Rismaharini. Peluang keduanya seimbang yaitu 50 berbanding 50.

Armuji mengaku pembahasan mengenai calon yang melaju ke Pilgub DKI masih alot. Sehingga ia tak bisa menjelaskan lebih lanjut sebelum pengumuman.

"Kita tunggu saja sampai malam ini pukul 20.00 WIB, DPP akan mengumumkan secara serentak siapa yang akan diusung dalam Pilgub DKI nanti," kata Armuji di Surabaya, Selasa (20/9/2016).


(Risma dan Ahok saat mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, 9 Mei 2016, Ant - Yudhi Mahatma)

Armuji mengatakan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri yang akan langsung mengumumkan. Selain DKI, Megawati juga akan mengumumkan bakal calon untuk sejumlah Pilkada 2017.

"Jadi tidak hanya calon kepala daerah Jakarta saja, semua calon kepala daerah yang mencalonkan pada Pilkada serentak 2017 dari PDIP akan hadir," jelasnya. 

Hingga berita ini dimuat, PDI Perjuangan belum menunjukkan sinyal nama yang bakal menjadi calon Gubernur DKI. Sementara Risma dikabarkan tak berada di Surabaya. Menurut Kabag Humas Pemkot Surabaya, M Fikser, atasannya itu tengah berada di luar kota.

Kemarin, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan pengumuman itu akan disampaikan di Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan Jalan Pangeran Diponegoro No. 58, Jakarta Pusat. 

Baca: PDI Perjuangan Umumkan Cagub dan Cawagub DKI Besok

Namun Hasto tak menjelaskan lebih rinci soal deklarasi. Ia juga tak menyebutkan calon yang mendapat sinyal untuk diumumkan. Lihat video terkait:
 


(RRN)