Bela Islam Jilid III

Kapolda Minta Warga Jatim tak Perlu ke Jakarta

Amaluddin    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:30 WIB
unjuk rasa
Kapolda Minta Warga Jatim tak Perlu ke Jakarta
Parade Nusantara Bersatu di Lapangan Makodam V Brawijaya, Jalan Hayam Wuruk, Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji meminta warga di provinsi itu tak ke Jakarta pada 2 Desember. Bila ada yang memaksa, Kapolda mengaku tak bisa menghalangi.

Aksi Bela Islam Jilid III diwarnai dengan doa bersama di lapangan Monas. Aksi itu diikuti rombongan warga yang berdatangan dari Jakarta dan beberapa daerah.

Tapi, kata Kapolda, beberapa lokasi di Jatim juga menggelar doa bersama. Sehingga warga Jatim tak perlu jauh-jauh berangkat ke Jakarta.

"Misalnya di Bangkalan, Ponorogo, Malang, Mojokerto, Pasuruan, dan Surabaya," kata Kapolda usai Parade Nusantara Bersatu di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Jalan Hayam Wuruk, Surabaya, Rabu (30/11/2016).

Bahkan, kata Kapolda, acara doa bersama digelar mulai 1 Desember. Acara itu merupakan inisiatif warga. Polri dan TNI hanya mengamankan kegiatan tersebut.

Di Surabaya, lanjut Kapolda, doa bersama digelar di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo. Kapolda mempersilakan warga Surabaya mengikuti kegiatan di gedung tersebut.

Bila ada yang tetap ke Jakarta, Kapolda meminta warga menjaga keamanan masing-masing dan mengendalikan diri. Sehingga kehadiran warga daerah tak menambah masalah di Ibu Kota.

"Ketika di Jakarta, yang mengamankan adalah aparat keamanan di Jakarta bukan aparat Jatim," ujarnya.



(RRN)