Bawaslu Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu se-Jatim

Amaluddin    •    Rabu, 17 May 2017 19:19 WIB
pilkada 2018
Bawaslu Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu se-Jatim
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuka rekrutmen anggota Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Para anggota bakal bertugas mengawasi pelaksanaan Pilgub di 38 kabupaten dan kota di Jatim.

Ketua Bawaslu Jatim Sufyanto mengatakan rekrutmen dilakukan pada akhir Mei 2017. Pengrekrutmen sesuai dengan arahan Bawaslu RI. Menurut Sufyanto, ia tengah mematangkan pembentukan Tim Seleksi (Timsel) untuk rekrutmen anggota Panwaslu kabupaten/kota. 

"Undang-Undang tentang Pemilu yang baru masih belum selesai, apakah nanti jumlah anggota Panwaslu tetap tiga orang atau bertambah belum diketahui, kuta tunggu peraturan yang baru," kata Sufyanto di Surabaya, Rabu 17 Mei 2017.

Kata Sufyanto, rekrutmen Panwaslu tengah menunggu hasil dari penandatangan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran Pilgub Jatim. Sebab rekrutmen memerlukan anggaran.

Menurutnya, tahapan Pilgub Jatim 2018 dimulai pada Agustus 2017 mendatang. Meski demikian persiapan akan mulai dilakukan pada Mei ini. 

Sementara itu, saat disinggung soal masa jabatan Bawaslu Jatim yang akan berakhir pada September 2017, Sufyanto mengaku belum mengetahui pasti apakah akan diperpnjang atau diganti pengurus yang baru.

"Saya tidak tahu, apakah akan diperpanjang seperti KPU Jatim atau tidak. Kalau tidak diperpanjang, biasanya tiga bulan sebelum berakhir akan dilakukan rekrutmen pengurus baru. Tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda rekrutmen," tandasnya.



(RRN)