Praperadilan Dahlan Iskan Ditolak

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 24 Nov 2016 14:35 WIB
dahlan iskan
Praperadilan Dahlan Iskan Ditolak
Dahlan Iskan. Foto: Antara/Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Surabaya: Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Fernandinus menolak gugatan praperadilan yang diajukan Dahlan Iskan dalam kasus dugaan korupsi di PT Panca Wira Usaha (PWU). Hakim menilai proses penyidikan yang dilakukan penyidik Kejati Jatim sudah sesuai prosedur.

Sidang lanjutan praperadilan itu digelar di ruang Cakra PN Surabaya Kamis 24 November 2016 dengan agenda putusan. Pihak pemohon dan termohon hadir dalam sidang ini.

“Menyatakan penyidikan yang lakukan penyidik Kejati Jatim telah sesuai prosedur hukum,” kata Fernandinus, di Surabaya, Kamis (24/11/2016).

Dalam amar putusannya, Fernandinus membacakan pertimbangan-pertimbangan yang diajukan pemohon. Jawaban termohon juga dibeberkan, termasuk dari saksi ahli, baik yang didatangkan oleh pemohon maupun termohon.

Baca: Kuasa Hukum Dahlan Keluarkan 3 Peluru Gugurkan Status Tersangka

Indra Priangkasa, kuasa hukum Dahlan Iskan, menyayangkan putusan ini. Menurutnya, hakim tidak mempertimbangkan obyek gugatan. Selain itu, dia menduga ada kejanggalan saat Dahlan ditetapkan sebagai tersangka pada 27 Oktober 2016.

“Namun, kami menerima dan menghormati keputusan pengadilan. Hanya, ada satu yang kita cermati, yakni terkait pertimbangan hakim dalam memutus perkara ini,” kata Indra.

Baca: Jadi Tersangka, Dahlan Iskan: Saya Sedang Diincar Penguasa

Dahlan Iskan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pelepasan aset PT PWU BUMD Pemprov Jatim. Saat ini Dahlan berstatus sebagai tahanan kota penyidik Kejati Jatim. 

Selain kasus ini, mantan Menteri BUMN itu juga sedang dalam proses pemeriksaan kasus dugaan korupsi pengadaan mobil listrik dan kasus cetak sawah di Kalimantan Barat.

 


(UWA)