Puluhan Rumah di Sidoarjo Diterjang Angin Puting Beliung

Syaikhul Hadi    •    Senin, 19 Nov 2018 19:50 WIB
puting beliung
Puluhan Rumah di Sidoarjo Diterjang Angin Puting Beliung
Angin puting beliung menerjang lima desa Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.

Sidoarjo: Puluhan rumah di lima desa Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur diterjang angin puting beliung. Kelima desa di antaranya, Desa Kajeksan, desa Singopadu, Kepunten, Desa Tlasih, dan Desa Kemantren. 

Dari informasi yang dihimpun, sedikitnya ada sekitar 80 rumah yang terletak di lima titik desa kecamatan Tulangan yang terimbas. Camat Tulangan, Sidoarjo, Abdul Wahib mengungkapkan insiden insiden terjadi pada Senin, 19 November 2018 sore. 

"Saat ini masih kami lakukan pendataan. Untuk sementara kurang lebih 80 an rumah di lima desa yang rusak," ujar Abdul Wahib saat dikonfirmasi.

Wahib menjelaskan, kerusakan itu nantinya akan diklasifikasikan menjadi tiga kategori, baik kerusakan ringan, sedang, dan berat. Data kerusakan juga akan dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk kerusakan ringan juga akan dibenahi secara gotong royong.  "Rumah yang masih bisa dibenahi, mungkin bisa kita benahi dengan cara gotong royong. Tapi untuk saat ini kita sama-sama melakukan bersih-bersih puing akibat angin puting beliung," jelas Wahib.

Beruntung, kejadian ini tidak sampai  menimbulkan korban jiwa maupun korban luka-luka. Hanya saja kejadian tersebut sempat membuat panik sebagian besar warga setempat. 


(DEN)