Banjir di Porong Akibat 4 Pompa Rusak

Syaikhul Hadi    •    Senin, 21 May 2018 17:47 WIB
bencana banjir
Banjir di Porong Akibat 4 Pompa Rusak
Banjir di Porong, Sidoarjo, Minggu malam 20 Mei 2018, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Kerusakan empat pompa mengakibatkan banjir terjadi di sepanjang akses jalan di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Hingga Senin pagi, 21 Mei 2018, banjir masih tampak di area tersebut.

Humas Pusat Pengendalian  Lumpur Sidoarjo (PPLS) Hengky Listria Adi mengatakan empat pompa berada di dua lokasi yaitu di pintu masuk tol Sidoajo dan titik 71 Desa Ketapang, Tanggulangin. Pompa yang rusak tak bisa menyedot air di drainase.

"Saat ini petugas masih memperbaiki pompa air. Kami belum bisa memastikan kapan pembenahan itu tuntas karena Kami harus membeli komponen mesin," ujar Hengki di Sidoarjo.

Terkait genangan air yang sedang merendam jalan raya Porong sisi Timur, pihaknya akan berupaya mengatasi dengan cara mengalihkan ke sungai Ketapang melalui drainese. 

"Air akan dialirkan menuju sungai Ketapang. Yakni lewat saluran drainase," tambahnya. 

Genangan air membuat jalan raya Porong sisi timur tergenang. Bahkan, arus lalu lintas sempat  tersendat. Sehingga membuat beberapa pengendara motor harus melewati arus lain. 

Selain genangan, Infrastruktur jalan dan kawasan sekitar tanggul juga perlu pembenahan. PPLS mencatat, jalur penghubung Sidoarjo - Malang itu terus mengalami penurunan. Per tahun land subsidence mencapai 3 cm. Keberadaan tanggul juga membuat wilayah perbatasan Sidoarjo itu tampak tidak tertata. 

Sebelumnya, akses jalan Raya Porong terendam. Lokasinya di ruas sebelah timur. Panjang wilayah terendam itu sekitar 200 meter setinggi 15-20 centimeter. Tepatnya setelah pintu keluar tol Sidoarjo hingga jalan Flamboyan desa Mindi, Porong. 


(RRN)