Siswa SD di Sumenep Gelar Aksi 'Save NKRI'

Rahmatullah    •    Jumat, 18 May 2018 20:19 WIB
terorisme
Siswa SD di Sumenep Gelar Aksi 'Save NKRI'
Aksi Siswa SD Katolik Sumenep tangkal terorisme, Jumat 18 Mei 2018, Medcom.id - Rahmatullah

Sumenep: Teror bom di Surabaya dan sejumlah daerah menimbulkan duka mendalam. Siswa Sekolah Dasar (SD) Katolik Sang Timur di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, turut merasakan duka tersebut. Mereka pun ikut berbelasungkawa dengan menggelar doa bersama untuk para korban di aula sekolah di Desa Pabian, Kecamatan Kota, Jumat, 18 Mei 2018.

Dalam kesempatan itu, para siswa yang terdiri dari umat kristiani dan muslim itu sama-sama khusyuk berdoa, tentu dengan cara dan keyakinan masing-masing. Selain itu, mereka juga menyanyikan lagu perdamaian yang dibuat khusus selama 2 hari. Mereka berharap perdamaian tetap terjaga, meski sejumlah wilayah diserang teror bom.

Saat bernyanyi, mereka memegang kertas bertulis “Stop Kekerasan”, “#Save NKRI”,  dan “Aku Cinta Indonesia”.

“Kita tentu berharap agar insiden tersebut tidak terjadi di tempat lain,” kata seorang guru, Moh Yani.

Menurut Yani, doa bersama akan terus dilakukan selama sepekan ke depan. Kegiatan tersebut bakal dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai. Selain untuk korban, kata Yani, siswa juga mendoakan warga Indonesia untuk tetap rukun meski berbeda agama dan keyakinan.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan memupuk kepedulian siswa terhadap orang lain. Bagi dia, manusia sebagai makhluk sosial perlu menunjukkan kepedulian untuk sesama. Karena dengan kepedulian tersebut, kedamaian yang selama ini dipupuk akan tetap terawat.

Sementara salah satu siswa, Kania, menuturkan doa tersebut memang diperuntukkan bagi para korban teror bom. Dia pun berharap keluarga korban tabah menghadapi insiden tersebut.

“Tadi kita juga menyanyikan lagu perdamaian. Semoga Indonesia ke depan tetap damai,” harap Kania.


(RRN)