Komisi III akan Panggil Pihak yang Terlibat Kasus Sipoa Group

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 23 Apr 2018 19:23 WIB
berita dpr
Komisi III akan Panggil Pihak yang Terlibat Kasus Sipoa Group
Tim Kunker Komisi III DPR RI beraudiensi dengan ratusan korban Sipoa Group bersama LBH Unair, dilanjutkan rapat dengan Kapolda Jawa Timur di Surabaya, Jatim, Kamis, 19 April 2018 (Foto:Dok.DPR)

Jakarta: Komisi III DPR RI berencana memanggil Bupati Sidoarjo Saifullah Ilah dan berbagai pihak yang diduga terlibat kasus penipuan oleh pengembang properti Sipoa Group. Total korban dalam kasus tersebut mencapai 71 konsumen.

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Kunker Desmond Junaidi Mahesa usai beraudiensi dengan ratusan korban Sipoa Group bersama LBH Unair, dilanjutkan rapat dengan Kapolda Jawa Timur di Surabaya, Jatim, Kamis, 19 April 2018.

“Bupati Sidoarjo seperti tim marketing, tak seperti jadi bupati dan melakukan pembelaan kepada korban Sipoa Group,” kata Desmon dalam keterangan tertulis, Senin, 23 April 2018.

Politikus Partai Gerindra itu mengungkapkan, keluhan dari para pembeli akan ditindaklanjuti. Secara umum, terungkap berbagai wanprestasi dan banyaknya anomali dari kasus tersebut, mulai dari status tanah hingga cek penggantian yang tidak dapat dicairkan.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menjelaskan bahwa pihaknya siap dan membutuhkan dukungan dalam penanganan kasus ini.

“Kami ingin simpel, ada tersangka maka proses secara hukum. Kami butuh dukungan agar secara profesional menyelesaikan tanpa ada intervensi dari banyak pihak lain,” ujar Machfud.


(ROS)