12 Kepala Daerah di Jatim Dilantik Hari Ini

Amaluddin    •    Senin, 24 Sep 2018 09:51 WIB
jawa timur
12 Kepala Daerah di Jatim Dilantik Hari Ini
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyampaikan orasi tentang jurnalistik saat acara penganugerahan Pena Emas PWI di Hall Dewan Pers, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Surabaya: Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo bakal melantik 11 pasang bupati/wakil bupati (wabup) serta 1 pasang wali kota/wakil wali kota, hari ini di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur. Mereka adalah kepala daerah terpilih pada Pilkada 2018.

"Ada 12 kepala daerah dari berbagai daerah di Jatim yang akan dilantik hari ini," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai, saat dikonfirmasi, Senin, 24 September 2018.

Bupati dan wabup yang dilantik meliputi daerah Probolinggo, Bangkalan, Bojonegoro, Nganjuk, Pamekasan, Pasuruan, Magetan, Madiun, Lumajang, Bondowoso, Jombang. Sementara itu, wali kota/wakil kota hanya berasal dari Malang. 

"Pada saat itu juga akan dilangsungkan penandatanganan pakta integritas oleh masing-masing kepala daerah yang dilantik dihadapan Bapak Gubernur," ujar Aries.

Sementara itu, bupati dan wabup Tulungagung akan dilaksanakan prosesi pelantikannya secara tersendiri. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta pada 25 September 2018.  "Alasannya karena terkena hukum," kata Aries.

Di tempat yang sama juga akan berlangsung serah terima jabatan (sertijab) dan pelantikan 12 ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten/Kota serta ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) masa bakti 2018-2023. Acara itu dipimpin oleh Ketua TP PKK Jatim Nina Soekarwo.

Sebelum dilaksanakan pelantikan ketua TP PKK Kabupaten/Bota, prosesi akan diawali dengan menyanyikan mars PKK. Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan (SK) TP PKK Jatim dan ketua Dekranasda, penyematan pin, serta dilanjutkan dengan penyerahan petikan SK pelantikan. 

Perserta diminta menandatangai berita acara pelantikan dan berita acara sertijab, penyerahan memori jabatan dan penyerahan piagam penghargaan, serta sambutan Ketua TP PKK Jatim. "Baru terakhir akan dilakukan pemberian ucapan selamat," kata dia.


(OGI)