Ratusan Warga Korban Bencana Tiba di Surabaya

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 04 Oct 2018 01:49 WIB
Gempa Donggala
Ratusan Warga Korban Bencana Tiba di Surabaya
Ratusan warga korban bencana di Sulawesi Tengah tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur. Medcom.id/Syaikhul Hadi.

Sidoarjo: Ratusan warga korban bencana di Sulawesi Tengah tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur. Dua di antara mereka langsung dibawa ke RSUD Sidoarjo karena patah tulang.

Pesawat Hercules A 1337 milik TNI Angkatan Udara mendarat di bandara sekitar pukul 19.10 WIB, Rabu, 3 Oktober 2018. Penumpang pun turun disambut pejabat TNI di Juanda, Sidoarjo.

"Untuk sementara mereka bermalam di Mes Bhaskara Juanda hingga besok pagi," kata Kasrem 084 Bhaskara Jaya Letkol ARM Aprianko Suseno.

Sebagian besar warga merupakan perempuan dan anak-anak. Tangis pun pecah saat mereka menginjakkan kaki di landasan.

Polres Sidoarjo dan TNI AU Surabaya menyiapkan truk untuk mereka. Para warga berasal dari beberapa kabupaten dan kota di Jatim yang merantau di Sulteng.

"Ada juga 10 orang yang berasal dari Sragen, Jateng. Mereka sudah dijemput kerabat," lanjut Aprianko.

Mereka merupakan warga yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu. Pemerintah mengungsikan sebagian warga dari lokasi bencana ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah beberapa saat di Makassar, mereka dipulangkan ke daerah masing-masing. Termasuk, warga yang berasal dari Jatim.

Pada Jumat, 28 September 2018, gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang wilayah Palu dan sekitarnya. Beberapa saat kemudian, tsunami menerjang.

Hingga berita ini dimuat, BNPB mendata 1.407 orang tewas dalam bencana tersebut. Sebanyak 70.821 orang mengungsi di 109 lokasi. 


(DRI)