Pemkot Surabaya Tak Punya Anggaran untuk THR

Amaluddin    •    Rabu, 06 Jun 2018 15:07 WIB
pnstunjangan hari raya
Pemkot Surabaya Tak Punya Anggaran untuk THR
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Antara/Reno Esnir

Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini heran dengan adanya kebijakan pemerintah terkait kenaikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, pihaknya tidak mengalokasikan dana tersebut di dalam APBD 2018 Kota Surabaya.

"Kami belum alokasikan dananya (THR- red). Jadi anggarannya enggak ada," kata Risma, sapaan akrabnya, di Surabaya, Rabu, 6 Juni 2018.

Risma tak banyak komentar terkait perihal tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengalokasikan anggaran THR dalam APBD 2018 Kota Surabaya, karena tidak ada dasar hukumnya.

"Jadi mau pakai uang siapa?" kata Risma.

Menurut Risma, pihaknya hanya mengatur mengalokasikan dalam APBD 2018 hanya soal tunjangan untuk guru honorer yakni sebesar Rp87 miliar dengan alokasi Rp500 ribu per guru honorer. Sedangkan terkait kebijakan soal THR itu, lanjut Risma, pihaknya akan berkoordinasi sekaligus meminta tanggapan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Surabaya.

Rencananya surat edaran dari Kemendagri terkait penggunaan dana APBD untuk THR dan gaji ke-13 akan dibahas bersama DPRD Kota Surabaya. "Masalah soal THR ini enggak bisa saya putuskan sendiri. Saya harus minta tanggapan DPRD dulu," ujarnya.


(SUR)