Gara-gara Mebel Pasuruan, Gubernur Soekarwo Undang Pengusaha Italia ke Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 12 Aug 2017 15:18 WIB
furnitur industri
Gara-gara Mebel Pasuruan, Gubernur Soekarwo Undang Pengusaha Italia ke Jatim
Seorang tukang mewarnai sebuah lemari di Sentra Mebel Bukir Pasuruan, MI - Abdus Syukur

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo terkejut menemukan produk mebel asal Pasuruan diminati di Italia. Ia pun terinspirasi untuk mengundang pengusaha asal Italia berkunjung ke Jawa Timur.

Soekarwo melakukan kunjungan kerja di tiga negara di Eropa yaitu Italia, Jerman, dan Rusia. Namun kunjungan ke Italia membuatnya terkejut.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu melakukan kunjungan kerja ke Eropa selama sepekan. Agenda kunjungan yaitu menjaga hubungan kerja sama di sejumlah bidang.

"Saat kunjungan ke Italia, saya kaget ternyata produk mebel Pasuruan tinggi peminatnya di Italia," kata Pakde Karwo ditemui di ruang kerjanya di Surabaya, Jumat 12 Agustus 2017.

Ia mengaku menemukan banyak produk asal Pasuruan saat bertemu dengan pengusaha di  .Ia menemukan produk-produk itu terdiri dari lemari, meja, dan kursi.

Menurut Pakde Karwo, ia mendapat informasi barang-barang asal Pasuruan itu dijual oleh pengusaha di Bali. Sehingga transaksinya di Bali, bukan Pasuruan.

Selain Jepara, Jawa Tengah, Pasuruan memang dikenal sebagai kota industri mebel. Industrinya tersebar di empat kecamatan yaitu Bugul Kidul, Purworejo, Panggungrejo, dan Gadingrejo

Meski sama-sama menggunakan kayu jati sebagai bahan, mebel buatan Pasuruan tetap berbeda dengan Jepara. Industri mebel Jepara dikerjakan tenaga ahli. Sehingga produknya lebih rapi dan mahal.

Lain lagi dengan industri mebel di Pasuruan. Pengerjaannya memadukan tenaga ahli dan tukang kontemporer. Hasil pengerjaannya lebih sederhana. Sehingga harga jualnya lebih murah. 


(RRN)