Cara Jatim Perkuat Sistem Perdagangan

Amaluddin    •    Kamis, 10 Aug 2017 18:22 WIB
kerja bersama
Cara Jatim Perkuat Sistem Perdagangan
Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Jawa Timur adalah satu-satunya provinsi yang memiliki Kantor Perwakilan Dagang (KPD) yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. KPD didirikan untuk memperkuat ekonomi dalam negeri, guna membangun sistem perdagangan Jatim.

"Adanya KPD ini dalam rangka untuk menggenjot perdagangan Jatim. Ada 26 provinsi di Indonesia yang menjadi KPD Jatim," kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, kepada Metrotvnews.com.

Adapun rincian 26 KPD itu, antara lain di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Maluku, Makssar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan lainnya. 

Tak hanya di dalam negeri, KPD Jatim juga berada di luar negeri utamanya di ASEAN. Antara lain di Jepang, Tiongkok, Singapura, Malaysia. Selain untuk menekan laju inflasi, KPD ini juga untuk perkuatan logistik dan konektivitas antar daerah, serta bertujuan untuk memasarkan produk UMKM asal Jatim.

"KPD ini menjadi peluang kabupaten/kota untuk bisa menjual hasil UMKMnya, dan meringankan biaya perdagangan dengan adanya konektivitas antar daerah," ujarnya.

Dia mengibaratkan, jika melakukan transaksi dagang dari Jatim ke daerah lain yang berisi muatan penuh pada saat berangkat, harus dioptimalkan dengan mengisi muatan yang sama pada saat kembali. 

"Dengan langkah tersebut masyarakat bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah karena biaya transportasi dan penyaluran lebih pendek," ujarnya.


(ALB)