Rute Penerbangan ke Pulau Lain di Jatim Disiapkan

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 27 Sep 2017 17:50 WIB
penerbangan
Rute Penerbangan ke Pulau Lain di Jatim Disiapkan
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, dalam peluncuran rute penerbangan komersial perdana Surabaya-Sumenep. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang menyiapkan beberapa kepulauan yang ada di Jawa Timur untuk jalur penerbangan baru. Hal itu menyusul rute penerbangan baru dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur.

"Ada beberapa kepulauan memang yang sudah kami persiapkan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Seperti Masalembu, Kangean dan Bawean," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, saat pelepasan penerbangan baru rute Surabaya-Sumenep, Rabu 27 September 2017.

Penerbangan dapat meminimalisir waktu tempuh perjalanan melalui darat. Penerbangan komersial diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan ekonomi di daerah.

Tak hanya itu, interkoneksi daerah menjadi harapan terbesar Pemprov Jatim. Tak hanya Surabaya-Sumenep, nantinya akan ada penerbangan antara Banyuwangi-Sumenep, Sumenep-Bawean, Jember-Sumenep, mau pun Malang-Sumenep.

"Jadi model seperti ini bisa membuka sektor sektor perekonomian yang baru bagi Jawa Timur. Mudah-mudahan bisa terealisasi," harapnya.


Pesawat Wings Air ATR-72 saat landing di Bandara Trunojoyo Sumenep. Foto: MTVN/ Rahmatullah

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menyebu pembukaan jalur udara Bandara Trunojoyo, Sumenep, merupakan inisiasi mengembangkan potensi wisata yang ada di Sumenep. Di antaranya, Pulau Gililabak, Pulau Giliang dan Pantai Sembilan yang ada di Giligenting.

"Keberadaan Bandara yang baru ini tak lain untuk mempercepat akses ke Sumenep. Jadi, tidak usah menunggu lama lagi untuk sampai kesana," katanya.

Selain potensi wisata alam, menurutnya banyak potensi-potensi lain yang perlu dikembangkan lagi seperti wisata religi dan budaya.

 


(SUR)