Khataman Alquran di Rutan Diyakini Tercatat di MURI

Rahmatullah    •    Kamis, 20 Apr 2017 16:25 WIB
kemenkumham
Khataman Alquran di Rutan Diyakini Tercatat di MURI
Suasana khataman Alquran di Rutan Kelas II B Sumenep -- MTVN/Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Sedikitnya 120 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengikuti khataman Alquran yang dilakukan secara serentak di seluruh rutan di Indonesia. Rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Kemasyarakatan ke-53 ini diyakini akan tercatat di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI)

"Khataman Alquran ini dalam rangka mengisi kegiatan kerohanian mereka," kata Kepala Rutan Kelas II B Sumenep Ketut Akbar Harry Akhjar, Kamis, 20 April 2017.

Ketut menjelaskan, penghuni rutan dibagi menjadi 30 kelompok untum mengkhatamkan Alquran. Tiap kelompok diminta mengkhatamkan satu juz. Setiap kelompok terdiri dari empat orang.

Sebelumnya, warga binaan melakukan kerja bakti dengan membersihkan halaman dan mengecat tembok Masjid Jamik Sumenep. Warga binaan yang ikut kerja bakti di depan Masjid Jamik adalah mereka yang telah disiapkan untuk kembali ke masyarakat karena selesai menjalankan hukuman.

"Kami sengaja memilih Masjid Jamik, karena masjid kuno itu merupakan salah satu ikon kota yang harus dijaga keindahannya," pungkas Akbar.


(NIN)