Jelang Natal dan Tahun Baru Polres Sidoarjo Gelar Operasi Sikat Semeru

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 14 Dec 2017 14:21 WIB
libur panjang
Jelang Natal dan Tahun Baru Polres Sidoarjo Gelar Operasi Sikat Semeru
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Himawan Bayu Aji.

Sidoarjo: Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Polresta Sidoarjo menggelar Operasi Sikat Semeru 2017. Hal itu untuk mengamankan wilayah hukum Sidoarjo dari aksi kejahatan jelang libur panjang.

"Kita harus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Nasrani yang sedang merayakan natal. Begitu juga warga masyarakat yang hendak merayakan tahun baru nanti," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Kamis, 14 Desember 2017. 

Himawan mengatakan, Operasi Sikat Semeru dilakukan untuk mengantisipasi rencana aksi kejahatan agar tercipta suasana kondusif. Operasi Sikat Semeru menyasar berbagai tindak kejahatan. 

"Seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraaan bermotor, (razia) senjata tajam, minuman keras, dan narkotika," ujarnya.

Terkait ditangkapnya tiga terduga teroris di tiga tempat secara bersamaan pada 9 Desember lalu, yakni di Surabaya, Sidoarjo, dan Malang, Himawan mengatakan persoalan tersebut sudah ditangani Densus 88 Antiteror Polri. 

Polresta Sidoarjo hanya bersifat membantu pascapenangkapan untuk mengamankan wilayah terkait adanya gerakan radikalisme. 

"Peta-petanya sudah ada di Densus. Kami di sini hanya monitoring untuk mencegah masyarakat terkontaminasi gerakan-gerakan radikalisme," tandasnya.


(ALB)