Banjir Surut, Jalur KA Porong Sudah Bisa Dilalui

Amaluddin    •    Sabtu, 02 Dec 2017 11:34 WIB
banjirlongsor
Banjir Surut, Jalur KA Porong Sudah Bisa Dilalui
Kereta api, berjalan di kawasan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Foto: PT. KAI Daop VIII

Surabaya: Jalur kereta api (KA) di kawasan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sudah bisa dilalui. Kini, KA pun kembali bisa beroperasi setelah beberapa hari sempat terendam banjir.

"Jalur KA di Porong sudah bisa beroperasi kembali, dengan pembatasan kecepatan 5 km/jam. KA pertama yang lewat di km tersebut yaitu KA Mutiara timur malam dari Banyuwangi," kata Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Sabtu, 2 Desember 2017.

Kata Gatut, menyusutnya banjir di sekitar Raya Porong berkat kerja keras dan upaya kerja sama berbagai pihak, setelah jalur KA Porong-Tanggulangin mengalami kelumpuhan operasional. Selama enam hari kata Gatut, tim gabungan berupaya agara jalur di Porong bisa dilalui, mulai dari meninggikan rel serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat menormalisasi jalur kembali.

"PT KAI bekerja sama dengan Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) berupaya untuk menyurutkan air di lokasi banjir dengan mengerahkan hingga 11 unit pompa air," ujarnya.

Selain itu, PT KAI juga berkoordinasi dan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Dinas Perhubungan, Balai Teknik Perkeretaapian, serta Pemda dan Kepolisian setempat, untuk mencari solusi dan alternatif penyelesaian permasalahan transportasi masyarakat di jalur tersebut yang merupakan jalur vital pulau Jawa bagian timur.

"Mulai pukul 4.15 WIB pagi ini, jalur KA Porong-Tanggulangin sudah dapat dilewati KA karena air sudah surut, namun sementara masih dengan pembatasan kecepatan 5 km/jam tunggu perbaikan track lebih lanjut. Untuk perjalanan KA yang memutar diupayakan dapat berjalan dengan rute normal seperti biasanya hingga kondisi di jalur tersebut stabil," ujar Gatut.



(ALB)