Bandar Narkoba Antarpulau Dibekuk di Suramadu

Amaluddin    •    Selasa, 06 Mar 2018 20:34 WIB
narkoba
Bandar Narkoba Antarpulau Dibekuk di Suramadu
Ilustrasi penangkapan, Medcom.id - Rakhmat Riyandi

Surabaya: Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur bekerja sama dengan Lantamal V Surabaya berhasil menangkap bandar narkoba antarpulau di Jembatan Suramadu, Surabaya, sekitar pukul 04.00 WIB, Selasa, 6 Maret 2018. Selain menangkap pelaku, BNNP juga menemukan barang bukti sabu-sabu seberat 5,5 kilogram (Kg) siap diedarkan ke Madura.

"Kami telah melacak akan ada pengiriman sabu dari Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau ke Sampang, Madura. Baru kemudian kami melakukan penyergapan bekerjasama dengan Lantamal V Surabaya," kata Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso, dikonfirmasi.

Bambang mengatakan bahwa tersangka berinisial NP, 32, warga Kabupaten Probolinggo. NP merupakan sindikat narkoba antarpulau yang sudah diintai sejak lama. Namun, Tim BNNP sempat tak membuahkan hasil saat melakukan pengintaian terhadap NP di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Kemudian kami lacak melalui telepon genggam, ternyata tersangka ini bergerak menuju Suramadu, dan akhirnya kami tangkap di Suramadu," ujarnya.

Tersangka membawa lima paket sabu-sabu seberat 5,5 kg, dalam satu buah tas. Tersangka melawan dan berusaha kabur. "Karena berupaya kabur, petugas akhirnya menembak kaki tersangka untuk dilumpuhkan," ujarnya.

Saat ini, tersangka masih diperiksa intensif di Kantor BNNP Jatim, setelah mendapat perawatan di rumah sakit karena tembakan tersebut. Peredaran narkoba yang melibatkan NP masih terus didalami dan dikembangkan oleh BNNP Jatim. "BNNP akan mengembangkan terkait peran tersangka apakah pengedar atau yang lain," katanya.


(RRN)