Nelayan di Jember Diminta Beralih ke Pukat Cincin

Kusbandono    •    Selasa, 27 Mar 2018 13:04 WIB
cantrang
Nelayan di Jember Diminta Beralih ke Pukat Cincin
Grafis cantrang, sumber grafis: KKP

Jember: Nelayan di Jember, Jawa Timur, diminta beralih ke pukat cincin atau mini pursue seine untuk menangkap ikan. Permintaan itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan (Disperikel) Kabupaten Jember, Mahfud Affandi, Selasa, 27 Maret 2018.

Mahfud mengatakan imbauan itu sesuai dengan Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nomor 2 Tahun 2015 tentang penggunaan alat tangkap perikanan laut. Utamanya, imbauan itu ditujukan kepada nelayan yang masuk menggunakan pukat harimau.

"Jadi nelayan harus mengganti alat tangkapnya, secara bertahap. Kami sudah menyosialisasikan aturan penggunaan pukat cincin," ujar Mahfud.

Di Jember, sebanyak 500 nelayan melaut dengan jaring payang. Jaring tersebut tak selektif menjaring ikan. Daya jaringnya menjangkau dasar laut. 

Cara kerja jaring payang mirip cantrang. Sehingga, ikan-ikan kecil pun ikut terjaring.

Pada 2017, Jember menghasilkan 11.299 ton ikan. Jenis-jenis ikan yang dihasilkan nelayan yaitu lemuru, kakap putih, tongkol, bawal putih, tuna, cakalang, dan kerapu.

Menurut Ketua Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) Sigid Hariyadi, pukat cincin lebih baik ketimbang cantrang maupun payang. Sebab, daya tangkap pukat cincin lebih selektif.

Baca: Akademisi IPB: Cantrang Bisa Digunakan di Perairan tanpa Karang

"Pukat cincin digunakan untuk menangkap ikan yang bergerombol (schooling)di permukaan laut. Ikan tertangkap karena gerombolan ikan dikurung oleh jaring yang telah membentuk kantong," ujar Sigid seperti yang ditulis Medcom.id pada 25 Januari 2018.

Lanjut Sigid, ikan yang tertangkap dengan pukat cincin yaitu Layang, Selar, Lemuru, Kembung, Tongkol, dan Tembang. Ikan-ikan itu lebih banyak dikonsumsi.

"Jadi alat ini lebih aman dan tidak merusak ekosistem bawah laut," ujar pria lulusan pascasarjana Auburn University Amerika Serikat (AS) itu.


(RRN)