Kantor Pemkab Sumenep Dikepung Banjir

Rahmatullah    •    Sabtu, 25 Nov 2017 21:54 WIB
banjir
Kantor Pemkab Sumenep Dikepung Banjir
Banjir di depan Kantor Dinas Kesehatan Sumenep, Minggu, 25 November 2017, MTVN - Rahmatullah

Sumenep: Hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu 25 November 2017. Dampaknya, ruas jalan umum di sekiling kantor Pemkab setempat banjir dengan ketinggian air kurang lebih 10 centimeter. Lalu lintas jadi lumpuh.

Pantauan di lapangan, sebagian pengendara roda dua dan empat yang memaksa menerobos genangan banjir, terpaksa harus turun dari kendaraan karena mesinnya tiba-tiba mati. Mereka pun terpaksa mendorong kendaraannya agar tidak berlama-lama terjebak di dalam banjir.

Seorang sopir mobil pick up, Subaidi, menduga mesin mobilnya kemasukan air hujan, sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan karena mati. Dia pun meminta warga yang kebetulan lewat di dekatnya untuk mendorong mobilnya tersebut.

"Kalau tidak didorong ke tempat yang lebih tinggi, air di mesinnya kemungkinan tidak segera kering. Saya buru-buru," ujarnya.

Bahkan katanya, banjir tidak hanya di sekitar menggenangi sekeliling kantor Pemkab, banyak ruas jalan di Kecamatan Kota tertutup banjir. Tapi hanya saat hendak lewat dekat kantor Pemkab itulah, tiba-tiba mobilnya mogok.

Sementara pengendara roda dua, Ubai, mengaku sengaja mematikan mesin kendaraan dan menuntunnya perlahan. Dia yakin hal itu tidak akan membuat motornya mogok. Setelah lepas dari genangan banjir, dia mengaku akan menghidupkan mesin lagi.

"Tadi ada yang maksa menerobos banjir. Ya langsung mati, karena mesinnya tenggelam di dalam banjir," ujarnya.

Dia menuturkan luapan air hujan itu sudah biasa terjadi ketika hujan lebat. Dia berharap persoalan tersebut segera teratasi. Meski tidak sampai menyebabkan korban jiwa, hal itu menyebabkan aktivitas terganggu. 

"Bisa jadi orang buru-buru. Tapi ketika melewati jalur ini, hampir bisa dipastikan harus menepi dulu untuk menunggu banjir reda," jelasnya.


(RRN)