Mendagri Tunjuk Plt Bupati Nganjuk

Faishol Taselan    •    Jumat, 27 Oct 2017 19:03 WIB
kasus korupsi bupati nganjuk
Mendagri Tunjuk Plt Bupati Nganjuk
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - MTVN/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Bupati Nganjuk Abdul Wachid Badrus akhirnya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas/Plt Bupati Nganjuk. Setelah Bupati Nganjuk Taufiqurrahman kena OTT oleh KPK. Penunjukan berdasarkan Surat Perintah Tugas/SPT Gubernur Jatim nomor 131/512/011.2/2017 tanggal 27 Oktober 2017. SPT ini diserahkan di Gedung Negara Grahadi, Jumat 27 Oktober 2017.

Langkah cepat ini dilakukan Gubernur sebagai tindak lanjut dari Surat Menteri Dalam Negeri nomor 131.35/7718/SJ tanggal 27 Oktober 2017 tentang penunjukan Wakil Bupati Nganjuk sebagai Plt. Bupati.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, SPT ini diberikan sebagai langkah menjaga keberlangsungan pemerintahan di Nganjuk, terutama dalam hal pelayanan publik kepada masyarakat.

Ia juga minta kepada Plt. Bupati Nganjuk untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa pelayanan publik tidak terganggu dan tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

"Fokus pemerintah adalah pelayanan publik, jangan sampai masyarakat terganggu," katanya.

Plt. Bupati Nganjuk untuk melakukan koordinasi dengan baik. Hal sama juga dilakukan kepada jajaran Forpimda di Kab. Nganjuk mulai dari Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua DPRD agar menjalin komunikasi yang baik. 

"Caranya dengan mendatangi, bukan memanggil," ujarnya.

Sebagai wakil dari Pemerintah Pusat, Soekawo mengingatkan para pejabat di daerah untuk berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Ia minta para pejabat untuk memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Langkah kehati-hatian ini, lanjutnya, harus dilakukan karena suatu kasus dapat menghambat pelayanan publik bagi masyarakat. "Berikan semangat kepada staf agar tidak takut bila jalannya lurus," tegasnya.

Kepada Sekda Kab. Nganjuk yang hadir, Soekarwo berpesan untuk tidak berpolitik, terlebih menghadapi pilkada yang akan datang. "Birokrasi yang tidak netral akan membuat kegaduhan,"katanya.

Sementara itu, usai menerima surat tugas, Plt. Bupati Nganjuk Abdul Wachid mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan Forpimda, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Nganjuk mulai Sekda, Asisten serta Kepala OPD.

Hal ini dilakukan agar pemerintahan di Kab. Nganjuk bisa berjalan dengan baik ke depannya. Ia juga akan memberikan semangat kepada para pejabat dan ASN di Kab. Nganjuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.




(ALB)