Hanya 13 Parpol Daftar ke KPU Surabaya

Amaluddin    •    Selasa, 17 Oct 2017 16:53 WIB
pemilupemilu serentak 2019
Hanya 13 Parpol Daftar ke KPU Surabaya
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Surabaya: Hanya ada 13 dari 27 partai politik (parpol) yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang berkasnya masuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya. Tiga di antaranya partai baru.

"Tiga partai baru yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda),  Partai Berkarya," kata Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum, Purnomo Satrio Pringgodigdo, saaat dikonfirmasi, Selasa 17 Selasa 2017.

Ketigabelas parpol menyerahkan salinan keanggotan ke KPU Kota Surabaya pada Senin 16 Oktober 2017. Partai tersebut yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PKS, PPP, PKPI, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gerakkan Perubahan Indonesia (Garuda), dan Partai Berkarya.

"Selanjutnya akan kami teliti berkasnya dan dilakukan proses verifikasi faktual sekitar bulan Desember," kata Purnomo.

Sementara itu Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito, menyatakan parpol yang akan menjadi peserta pemilu harus membuktikan kepengurusan di seluruh provinsi di Indonesia, dan anggota di 75 persen kabupaten/kota di provinsi.

"Untuk tingkat kabupaten/kota minimal harus memiliki anggota dan pengurus di 50 persen kecamatan," kata Eko Sasmito.

Proses pendaftaran sendiri dilakukan di KPU RI dan salinan bukti keanggotan diserahkan di KPU kabupaten/kota. Sampai saat ini, tercatat 27 dari 73 parpol menyatakan ikut serta dalam Pemilu 2019.


(SUR)