Penumpang Pesawat Surabaya-Bali Keluhkan Potongan Refund

Syaikhul Hadi    •    Senin, 27 Nov 2017 11:51 WIB
gunung berapierupsi gunungerupsi gunung agung
Penumpang Pesawat Surabaya-Bali Keluhkan Potongan <i>Refund</i>
Puluhan penumpang pesawat di Surabaya terpaksa refund (uang kembalik) karena pesawat dengan tujuan Denpasar ditutup. Foto: Metrotvnews.com / Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Puluhan penumpang pesawat di Surabaya terpaksa refund (uang kembalik) karena pesawat dengan tujuan Denpasar ditutup. Namun, mereka menyesalkan ada beberapa potongan yang harus diterima penumpang saat pengembalian uang dilakukan.  

Doni, 48, mendapat pemberitahuan dari pihak maskapai bahwa penerbangan dengan tujuan Denpasar ditutup sejak pukul 08.10 WIB. "Sejak pukul 10.15 WIB saya sudah disini untuk mengurus refund," ujar Doni, Senin, 27 November 2017.

Pihaknya tidak mempermasalahkan penundaan atau pembatalan penerbangan ke Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, karena faktor alam. Namun potongan yang dibebankan pada penumpang saat refund ama disayangkan.

"Katanya ada potongan airport tax, Entah berapa nilainya. Sebenarnya kan ini faktor alam. Kalau dibilang rugi, ya, penumpang lah yang rugi. Karena hari ini rencananya ada pertemuan di Bali. Tapi karena masalah terpaksa ditunda besok (pertemuannya)," jelasnya.

"Buat saya yang penting bisa cepat saja. Masalah potongan, tidak semua orang bisa menerima. ini belum pakai fasilitas kok sudah di potong," cetusnya.

Akibat penundaan itu, pihaknya lebih memilih jalur darat untuk ke Bali. Senada disampaikan Telly, 46, asal Surabaya yang baru saja menerima Rp345 ribu uang refund. Tiket seharga Rp435 ribu yang dibayarkannya dipotong 10 persen harga tiket ditambah airport tax.

"Sebenarnya ini bukan kesalahan maskapai maupun penumpang. Ini karena faktor alam. Alasan dari pihak maskapai pemotongan itu karena sudah menerima fasilitas. Padahal, kita belum berangkat. Hanya menerima SMS pemberitahuan tentang penundaan pesawat," terang Telly.
 


(SUR)