Banjir Rendam Pacitan, Listrik Padam

Antara, Amaluddin    •    Selasa, 28 Nov 2017 15:22 WIB
bencana alam
Banjir Rendam Pacitan, Listrik Padam
Ilustrasi banjir, MTVN - Rakhmat Riyandi

Surabaya: Banjir setinggi kurang lebih semeter merendam empat kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Aliran listrik di lokasi tersebut padam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Sudharmawan mengatakan empat kecamatan yang terendam banjir yaitu Ngadirojo, Kebonagung, Pacitan, dan Arjosari. Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur Pacitan sejak kemarin.

"Tapi, kami saat ini kesulitan berkomunikasi dengan BPBD setempat," kata Darmawan di Surabaya, Selasa, 28 November 2017.

Menurut Darmawan, banjir terjadi setelah air Sungai Kebonagung meluap. Sungai tak sanggup menampung air hujan.

Sementara Sekretaris BPBD Pacitan Ratna Budiono mengatakan banjir juga merendam Jalan Lintas Selatan. Namun, kondisi jalan lebih tinggi ketimbang pemukiman. 

"Kalau di sawah, banjirnya lebih dalam lagi," ujar Ratna.

Saat ini, ujar Ratna, BPBD menyiapkan beberapa lokasi sebagai posko pengungsian. BPBD juga menyediakan dapur umum di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Kebonagung.

Ratna mengaku belum dapat memprediksi jumlah pengungsi. Namun, BPBD telah mengirimkan nasi bungkus pada warga korban banjir tadi pagi. 

"Nasi bungkusnya habis semua," ungkap Ratna.

Ratna mengatakan banjir terjadi sebagai dampak dari siklon tropis di pesisir selatan Jawa. Kondisi itu disampaikan BMKG sejak kemarin. Siklon tropis diprediksi bakal terjadi mulai dari Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga pesisir selatan Jatim.



(RRN)