Propam Razia Polantas di Jombang

Nurul Hidayat    •    Kamis, 20 Oct 2016 17:03 WIB
pungutan liar
Propam Razia Polantas di Jombang
Propam sidak polantas yang merazia pengendara di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Polres Jombang, Jawa Timur, merazia anggota yang melakukan operasi penindakan dan pelanggaran (tilang). Razia bertujuan mengantisipasi pungutan liar (pungli) yang rawan terjadi di operasi tilang.

Pada Kamis 20 Oktober, Polantas Polres Jombang menggelar operasi penindakan di Alun-alun Utara. Petugas memeriksa surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda kendaraan bermotor (STNK) pada pengendara yang melintas.

Tak lama kemudian, anggota Propam Polres Jombang mendatang lokasi. Setelah operasi penindakan, anggota Propam mengecek polisi yang bertugas di kegiatan tersebut.


(Polantas gelar razia di Jombang disidak Propam, MTVN - Nurul Hidayat)

"Kami periksa surat tugas, papan nama, hingga perwira yang mendampingi operasi," kata Kepala Seksi Propam Polres Jombang Ipda Heru Widodo.

Heru mengatakan kegiatan itu untuk mencegah anggota Polres Jombang bebas dari pungutan liar. Sehingga pelayanan pada masyarakat pun dapat lebih baik.

Menurut Heru, razia sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk memberanguskan pungutan liar. Sementara itu, Mabes Polri menyebutkan ratusan kasus pungutan liar dilakukan polisi nakal.

Satuan lalu lintas menjadi rawan pungutan liar. Pengendara yang melakukan pelanggaran pun menjadi peluang untuk tindakan pungutan liar.

 


(RRN)