365 KK di Jombang Terdampak Banjir

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 26 Nov 2016 02:12 WIB
banjir
365 KK di Jombang Terdampak Banjir
Banjir di Kabupaten Jombang. (MTVN/Nurul HIdayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sejak Jumat 25 November siang tadi, menyebabkan sejumlah wilayah dilanda banjir.

Pantauan Metrotvnews.com, sejumlah kawasan yang tergenang banjir di antaranya Dusun Kebondalem dan Dusun Kepunden Desa Kademangan Mojoagung Jombang Jawa Timur. Sebanyak 365 kepala keluarga rumahnya terendam banjir dengan ketinginggian bervariasi, mulai 50 centimeter hingga 1,5 meter.

"Air mulai datang setelah hujan deras sejak siang hari, dan pada pukul 18.23 wib air mulai masuk ke pemukimam warga," ujar Sofii salah satu warga kebondalem saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi.

Ia menjelaskan, tingginya curah hujan dan meluapnya dua sungai yang mengapit dusun tersebut menjadi penyebab terjadinya banjir.

"Dua sungai yakni sungai cetak banteng dan sungai panjer tak mampu menampung debit air sehingga meluap dan membajiri rumah warga," jelasnya.

Masih menurut Sofii, banjir yang melanda kawasan tersebut merupakan banjir tahunan yang selalu melanda saat musim hujan.

"Sudah dilaporkan namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah kabupaten jombang," pungkasnya.


(LDS)