18 Ribu Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru di Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 22 Dec 2018 16:05 WIB
natal dan tahun baru
18 Ribu Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru di Jatim
ilustrasi Medcom.id

Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur akan menerjunkan 18 ribu lebih personel gabungan TNI-Polri untuk pengamanan Tahun Baru 2019. Selain itu, personel tersebut juga disiapkan untuk pengamanan gereja menjelang perayaan hari raya Natal 2018.

"Sebanyak 9.769 personel berasal dari jajaran Polda Jatim, sementara sisanya personel dari TNI," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, dikonfirmasi, Sabtu, 22 Desember 2018.

Selain untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Jatim, lanjut Barung, para personel itu diterjunkan dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2018. Operasi Lilin Semeru ini sendiri akan digelar selama 12 hari, sejak 21 Desember hingga tanggal 1 Januari 2019 mendatang. "Prinsipnya, kekuatan gabungan ini agar Jatim kondusif," ujarnya.

Barung belum bisa merinci berapa jumlah personel yang akan diturunkan untuk pengamanan di greja. Ia hanya mengatakan bahwa pengamanan itu akan dilakukan tidak hanya di greja, melainkan seluruh kegiatan di tempat ibadah, dan juga di tempat wisata di Jatim. 

"Personel juga akan disiagakan di jalan untuk pengamanan terhadap masyarakat yang mudik saat liburan panjang akhir tahun ini," katanya.

Barung mengimbau kepada masyarakat Jatim agar menjaga keamanan di lingkungan sekitar. Ia juga berharap masyarakat menjaga toleransi antar umat beragama. "Jika ada apa-apa atau ada yang mencurigakan, segera melapor ke petugas terdekat," ujarnya.


(ALB)