Penyidik Polda Jatim Tunggu Dhani Hingga Malam

Amaluddin    •    Rabu, 24 Oct 2018 15:38 WIB
penipuanujaran kebencian
Penyidik Polda Jatim Tunggu Dhani Hingga Malam
Puluhan awak media menunggu kedatangan Ahmad Dhani Prasetyo di Ditreskrimum Polda Jatim. Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Kepolisi Daerah (Polda) Jawa Timur mengagendakan pemeriksaan Ahmad Dhani Prasetyo terkait kasus dugaan penipuan investasi vila di Batu sebesar Rp200 juta pukul 14.00 WIB, Rabu, 24 Oktober 2018. Namun, Dhani belum tak kunjung memenuhi panggilan penyidik Polda Jatim.

Pantauan Medcom.id di Ditreskrimum Polda Jatim, tidak tampak kehadiran Ahmad Dhani maupun pengacaranya. Puluhan awak media pun telah menunggu kedatangan suami Mulan Jameela itu sejak pukul 13.00 WIB hingga sekitar 15.00 WIB.

"Kemarin pengacaranya menyampaikan kepada penyidik, bahwa Ahmad Dhani akan datang ke Polda Jatim pukul 14.00 WIB. Tapi sampai saat ini masih belum datang juga," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim, Surabaya.

Barung menyayangkan Dhani belum juga menepati janji panggilan penyidik. Padahal, lanjut Barung, Dhani telah berada di Surabaya dengan menggunakan kereta.

"Dhani sekarang sudah di Surabaya, kalau tidak salah kreta yang dia naiki sudah tiba di Surabaya kemarin," katanya.

Meski demikian, kata Barung, penyidik masih akan menunggu Ahmad Dhani hingga malam ini. Barung juga belum bisa bersikap jika hari ini Ahmad Dhani kembali mangkir dari panggilan penyidik. "Kita tunggu saja dulu, lihat hari ini hadir apa tidak," ujarnya.

Ahmad Dhani tersangkut dua kasus berbeda di Mapolda Jatim. Pertama, kasus ujaran kebencian yang telah menetapkan Dhani sebagai tersangka. Ahmad Dhani dilaporkan Koalisi Bela NKRI karena dalam vlog yang menyebut kelompok penolak deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya pada 26 Agustus lalu dengan kata-kata "idiot". Kemudian video tersebut viral melalui akun instagram Ahmad Dhani.

Kedua, kasus dugaan penipuan dan penggelapan investasi vila di Batu senilai Rp200 juta. Dalam kasus ini, Ahmad Dhani statusnya masih sebagai saksi. Ia dilaporkan Moh. Zaini Ilyas yang mengaku pernah meminjam uang kepada Ahmad Dhani untuk investasi Vila di Batu sebesar Rp400 juta, dan sampai saat ini sisa utang tersisa sekitar Rp200 juta.


(SUR)