Hujan Deras Diprediksi Turun di Jatim Akhir Oktober

Amaluddin    •    Sabtu, 27 Oct 2018 13:43 WIB
cuaca buruk
Hujan Deras Diprediksi Turun di Jatim Akhir Oktober
Ilustrasi. MI/Ramdani

Surabaya: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan deras mulai tanggal 29 hingga 31 Oktober 2018. BMKG mengimbau masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca tersebut.

"Selain Jatim, beberapa wilayah Pulau Jawa bagian timur seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi, Maluku, dan Papua juga berpotensi hujan lebat, namun masih cukup minim," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, ketrerangan yang diterima Medcom.id, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Peningkatan curah hujan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya, sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera yang menyebabkan terjadinya konsentrasi massa udara di wilayah tersebut.

Sirkulasi siklonik adalah pusaran angin yang memicu massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentuk awan yang akan bergerak ke arahnya. Hal ini menyebabkan daerah yang berada di sekitar sirkulasi tersebut memiliki potensi pertumbuhan awan signifikan sehingga perlu diwaspadai menimbulkan hujan lebat dan cuaca ekstrem.

Minimnya potensi hujan saat ini disebabkan dominasi massa udara kering yang terpantau masih terdapat di wilayah tersebut, dan pola angin yang cenderung terberai. "Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah Indonesia bagian barat, seperti Sumatera higga Kalimantan Utara yang mengalami peningkatan curah hujan," kata Mulyono.

Mulyono mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Hujan lebat ini diperkirakan terjadi mulai tiga hari kedepan pada akhir bulan ini, yakni 29 hingga 31 Oktober 2018.


(SUR)