Kiai di Jatim Bentuk Tim Sembilan untuk Menentukan Wakil Khofifah

Nurul Hidayat    •    Minggu, 15 Oct 2017 19:12 WIB
pilgub jatim 2018
Kiai di Jatim Bentuk Tim Sembilan untuk Menentukan Wakil Khofifah
Pengasuh Pesantren Amanatul Ummah di Mojokerto KH Asep Saifudin Chalim -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Ratusan kiai sepuh dan ulama memutuskan membentuk Tim Sembilan untuk menentukan calon wakil gubernur Jawa Timur untuk mendampingi Kofifah Indar Parawansa. Tim ini akan diketuai oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

"Kita sebagai kiai dan ulama memiliki tanggung jawab besar dalam memperjuangkan bu Khofifah untuk menjadi gubernur Jawa Timur, karenanya dibentuk Tim Sembilan guna merumuskan hal tersebut," kata pengasuh Pesantren Amanatul Ummah di Mojokerto KH Asep Saifudin Chalim usai rapat tertutup di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Minggu 15 Oktober 2017.

Chalim menjelaskan, sosok wakil yang akan disandingkan dengan Khofifah harus memiliki sifat shiddiq, tabligh, amanah dan fathonah. Sehingga, menjadi pasangan yang selaras bagi Khofifah.

"Nama yang kita usulkan nantinya dimusyawarahkan oleh Tim Sembilan. Selanjutnya, akan dipertimbangkan oleh bu Khofifah sendiri serta partai pendukung. Hal ini agar tercapai cita-besar bersama," beber Chalim.

Chalim menegaskan, saat ini belum ada nama yang muncul untuk disandingkan dengan Khofifah. Rapat tertutup tadi hanya membahasa pembemtukan Tim Sembilan.

"Tapi, tadi ada celetukan agar Pakde Karwo (Gubernir Jawa Timur Soekarwo) untuk menjadi wakilnya, karena  sesuai aturan boleh," pungkansya.

Sebagai informasi, DPP Partai Golkar menyatakan mengusung Khofifah pada Pilgub Jatim 2018. DPD Partai Hanura Jawa Timur juga bakal mengusung dan mendukung Khofifah.

Keputusan tersebut memang baru secara lisan. Namun, Hanura Jatim menegaskan bakal menerbitkan kesepakatan secara tertulis.

Partai NasDem pun telah menyatakan dukungan ke Khofifah Indar Parawansa sebagai jagoan, walau rekomendasi belum resmi diberikan.

Hari ini, PDI Perjuangan resmi mendukung Syaifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas dalam Pilgub Jawa Timur 2018. Hawa duel antara dua Nahdliyin, Khofiffah dan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, semakin kentara. Posisi wakil gubernur untuk mendampingi Khofifah jadi amat penting untuk mengimbangi.

 


(NIN)