Emil Dardak Bertekad Jadikan Lingkar Wilis Pusat Ekonomi Baru

Syaikhul Hadi    •    Senin, 26 Mar 2018 15:13 WIB
pilgub jatim 2018
Emil Dardak Bertekad Jadikan Lingkar Wilis Pusat Ekonomi Baru
Emil Dardak berpose di sebuah Jeep setelah melakukan perjalanan di Lingkar Wilis, Senin, 26 Maret 2018, Medcom.id - Hadi

Kediri: Calon wakil gubernur Jawa Timur Emil Dardak bertekad mewujudkan Lingkar Wilis sebagai pusat ekonomi baru terkoneksi. Lantaran itu, Emil menyusuri enam daerah di Argo Wilis bersama komunitas Jeep Kediri, Jatim.

Ekspedisi lingkar Wilis bertajuk Tunggal Rogo Mandiri Bersatu. Artinya Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun dan Kediri Bersatu. Acara diikuti ratusan mobil Jeep dari berbagai kota di Jawa Timur.

Lingkar Wilis berlokasi di Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Madiun, dan Ponorogo. Emil Dardak optimistis potensi ekonomi di daerah itu menjadi sumber kemajuan bagi Jatim. Apalagi nantinya, Kediri memiliki bandara. Sehingga potensi itu pun jadi lebih kuat.

"Targetnya tahun 2022 konektivitas daerah-daerah yang telah berlangsung di selingkaran Wilis akan mulai mendorong dampak ekonomi yang kuat," ungkap Emil, Senin, 26 Maret 2018. 

Emil yang juga Bupati Trenggalek ini mengawali perjalanan dari Kabupaten Kediri menuju Tulungagung. Kemudian dilanjut ke  Bendungan Trenggalek hingga Kabupaten Ponorogo. Pada jalur-jalur ini, kata Emil, masih membutuhkan banyak pembangunan jalan. 

"Meskipun transportasi perintis dari Ponorogo Trenggalek ke Tulungagung sudah ada. Tetap dibutuhkan pembangunan jalan," katanya. 

Di Kecamatan Pagerwojo Tulungagung,  Emil singgah di Desa Mulyosari dan berdialog dengan BUMDes yang telah berhasil mengembangkan unit bisnisnya berbasis peternakan dan susu sapi. Emil menilai konektivitas antar daerah yang terbangun maka menguatkan potensi ekonomi di sekitaran Lingkar Wilis yang juga  berdampak positif kepada masyarakat setempat.

Pihaknya menargetkan penyelesaian selingkar Wilis rampung pada 2022 mendatang. "Semua anggaran kita ukur, misalnya menggunakan anggaran DAK. Pihak Provinsi juga ikut mendanai dan Kabupaten yang terkait juga ikut memikirkan, kita semoga bisa tuntas dan ini menjadi komitmen bersama," harapnya. 

Bukan tidak mungkin, karena sektor pariwisata yang ada sangat berdampak pada pengembangan ekonomi. Seperti, keberadaan bandara yang akan dibangun dikawasan Kediri ini dinilai mampu meningkatkan perekonomian daerah.

"Selain itu, keberadaan jalan tol dari Kertosono ke Kediri juga direncanakan dapat dilanjutkan ke Tulungagung," tandasnya. 


(RRN)